Website untuk Bisnis & Peranan Pentingnya

website untuk bisnis

Website untuk bisnis

Di era serba digital ini, banyak hal yang berubah karena adanya internet, termasuk cara menjalankan suatu bisnis. Penggunaan internet untuk bisnis sudah menjadi bagian penting, bahkan menjadi hal penting jika ingin berkembang. Perubahan yang nyata dalam cara bisnis yang berubah karena internet adalah cara promosi & pemasaran, transaksi dan pelayanan.

Salah satu penerapan internet dalam bisnis yaitu dengan membuat website. Selain dengan media sosial, para pelaku usaha yang memanfaatkan internet menggunakan website sebagai sarana untuk banyak hal. Mulai dari promosi hingga transaksi dengan pelanggan. Simak alasan-alasan mengapa memiliki website menjadi hal yang penting bagi pelaku usaha atau bisnis.

Sebenarnya, apa itu website?

Mengutip dari Wikipedia, situs web atau website merupakan suatu laman web yang saling berhubungan. Yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Dengan kata lain, website adalah sekumpulan halaman yang dimiliki oleh sebuah domain di internet. Dibuat untuk tujuan tertentu dan saling berhubungan satu sama lain. Sekumpulan halaman ini bisa akses oleh pengguna internet melalui homepage (halaman utama) dengan menggunakan browser dan URL terkait. Website biasanya didukung dengan nama domain dan hosting atau isi dari website yang ingin diakses tersebut.

Ketika anda membuka sebuah website, halaman pertama yang terbuka adalah halaman utama. Di mana anda akan melihat menu dan submenu yang berisi info tentang isi dari home page website tersebut. Menu dari website ini hampir mirip dengan daftar isi dalam sebuah buku. Halaman-halaman yang saling tertaut inilah yang disebut dengan website.

Unsur Penting dalam Website

Beberapa unsur penting dalam website antara lain :

1. Domain

Salah satu unsur penting pada website adalah domain, yang mana harus dibuat menarik dan seunik mungkin agar mudah diingat orang. Saat ini banyak jasa membuat website dengan domain yang bisa dibeli dengan harga murah. Saat membeli domain, biasanya kita bisa cek apakah domain yang diinginkan masih tersedia. Jika ada, maka pilih domain unik lainnya dengan hasil sebaik domain yang main stream.

2. Hosting

Selain domain, website juga harus ada hosting. Tujuannya untuk menyimpan semua data yang ada di website agar bisa diakses oleh pengunjung secara online. Saat ini banyak tersedia jasa yang menawarkan paket hosting unlimited profesional dengan harga terjangkau. Selai itu juga untuk memastikan website bisa diakses tanpa kendala selama 24/7.

3. Display (tampilan) dan Konten

Website juga berisi halaman dan konten, yang bisa dalam bentuk tulisan, gambar, foto, maupun video, dan gabungan Semua konten tersebut dibuat sesuai dengan tujuan di buatnya sebuah website, dan tampilan website sebaiknya mencerminkan karakteristik bisnis yang bersangkutan. Konten dan tampilan website harus dibuat menarik agar disukai orang dan mendatangkan penghasilan.

Selain itu, website juga harus dapat diakses dengan nyaman melalui perangkat mobile dengan tampilan yang memang dikhususkan untuk perangkat mobile. Tampilan ini biasanya lebih simpel dan berbeda dengan tampilan website jika diakses melalui PC atau laptop. Hal ini penting karena sebagian besar orang berselancar di dunia maya. Melalui perangkat mobile yang bisa diakses dari manapun dan kapanpun selama gadget mereka terkoneksi dengan internet. Jika website kamu sudah dibuat mobile friendly, maka akan semakin besar peluangnya untuk dapat diakses oleh lebih banyak pengguna internet. Termasuk pontensi calon klien untuk bisnis kamu.

Peranan Website untuk Bisnis

Saat ini, banyak pelaku bisnis berlomba-lomba untuk membuat perusahaan mereka dikenal masyarakat. Dengan menggunakan berbagai media digital yang dapat diakses dimanapun dan kapan pun. Salah satu media digital yang digunakan adalah website. Hal inilah yang mendorong banyaknya perusahaan digital agency menawarkan web design. Untuk memfasilitasi pelaku bisnis yang ingin membuat profil perusahaan melalui website.

Bagi suatu bisnis, baik itu UMKM maupun perusahaan yang lebih besar skalanya, website adalah suatu hal yang perlu dimiliki. Apalagi, saat ini semua lini sudah beralih ke digital. Semua hal yang belum terkoneksi secara online akan semakin tertinggal. Demikian pula halnya dengan suatu bisnis. Bisnis konvensional dan toko fisik sudah semakin tergantikan dengan marketplace dan toko online. Walaupun banyak yang akhirnya menjalankan keduanya secara simultan, yaitu online dan offline.

Alasan Pentingnya Website untuk Bisnis

Berikut ini adalah10 alasan penting suatu usaha memiliki website :

1. Menonjolkan Personal Branding dan Brand Awareness

Website bisa digunakan sebagai sarana personal branding, khususnya bagi kamu yang ingin membuat website portofolio. Melalui website portfolio ini, anda bisa membagikan skill, karya, testimoni klien dll. Untuk membuat kamu terlihat profesional dan terpercaya, sehingga akan menarik minat klien lain untuk menggunakan jasa kamu.

Selain itu, website juga memungkinkan brand yang kamu promosikan lebih mudah sampai ke telinga target pasar. Baik itu untuk produk yang berbentuk barang maupun jasa. Di zaman digital ini, semua orang mendapatkan kebutuhan mereka dengan mencarinya di internet. Bisa jadi langkah pertama mereka adalah dengan browsing kebutuhan tersebut di Google. Jika website yang anda miliki bisa dioptimasi dengan tepat dengan memaksimalkan SEO, target pasar akan dengan mudah menemukan bisnis kamu.

2. Meningkatkan Penjualan

Website juga bisa menjadi langkah yang efektif untuk mendongkrak penjualan usaha anda. Semakin banyak user yang melihat produk atau jasa yang anda tawarkan di website, semakin besar juga peluang transaksi dan penjualan. Sehingga bisa mendatangkan lebih banyak profit.

3. Membuat Bisnis Terlihat Kredibel

Website juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis anda di mata masyarakat dan target pasar. Pada khususnya, sehingga mereka lebih mudah percaya terhadap barang dan jasa yang ditawarkan. Jika mereka sudah menaruh kepercayaan kepada bisnis anda, maka mereka tidak akan ragu lagi untuk melakukan pembelian.

Cukup dengan melihat profil perusahaan dari website, customer dapat melihat sendiri seperti apa gambaran usaha yang anda miliki. Semakin bagus dan menarik tampilan website, orang yang melihatnya juga akan lebih percaya dengan bisnis yang anda jalankan.

Saat ini, telah banyak kemudahan yang ditawarkan dalam membuat website. Karena tidak mengharuskan anda untuk menjadi seorang web developer yang berpengalaman terlebih dahulu. Meskipun demikian, anda tetap butuh domain dan hosting profesional dan terpercaya. Dan lebih menguntungkan lagi kalau bisa mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal.

4. Memudahkan Pencarian Informasi mengenai produk atau usaha tersebut

Sebuah website dapat dengan mudah diakses sewaktu-waktu oleh banyak kalangan karena perkembangan internet yang sudah semakin lebih baik.

Selain itu, memiliki website dianggap lebih memudahkan karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Sehingga pelanggan dapat mengetahui informasi yang mereka butuhkan bahkan saat kantor usaha sedang tutup.

Seseorang dapat dengan mudah mengakses internet baik melalui PC, laptop, smartphone, atau tablet tanpa perlu mendatangi kantor secara langsung.

Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi usang, website anda dapat memberikan informasi yang selalu up-to-date. Asalkan anda atau orang yang pekerjakan untuk mengelolanya selalu rajin memberikan update.

5. Menghemat Uang, Waktu dan Pengeluaran

Memiliki website dapat menghemat waktu dan anggaran yang usaha kamu daripada menyebarkan informasi dengan cara konvensional. Misalnya seperti melalui telepon, janji untuk suatu pertemuan, dan brosur atau selebaran. Menghubungi pelanggan satu per satu melalui telepon tentu dapat menghabiskan waktu tersendiri. Begitu pula dengan janji untuk bertemu dan penyebaran brosur.

Pembuatan brosur akan menghabiskan anggaran yang cukup banyak dan dinilai kurang efektif untuk era yang sudah modern ini. Dengan menggunakan website, pelaku bisnis dapat memasukkan berbagai macam informasi. Yang biasanya diperlukan pelanggan mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Sebagai pemilik usaha kecil, anda mungkin berpikir bahwa anda belum mampu membuat sebuah website yang profesional. Tetapi, coba pikirkan kembali dan bandingkan dengan biaya iklan di surat kabar. Ketika anda bisa melihat potensi yang bisa di raih dengan website, itu adalah cara yang sangat efektif untuk pengembangan bisnis.

Meskipun biaya membangun website itu bervariasi, sebuah situs web untuk usaha kecil umumnya membutuhkan biaya maintenance sekitar Rp500.000 per bulan. Bahkan mungkin kurang dari itu, dan akan jauh lebih hemat lagi jika dikonversikan menjadi biaya per tahun.

6. Selalu terkoneksi dengan pelanggan kapanpun

Informasi mengenai produk dan layanan di situs anda bisa lebih mudah dan cepat untuk diperbarui. Ketimbang yang dibuat dalam bentuk cetak, sehingga ini adalah cara yang efektif untuk terhubung dengan pelanggan. Sekaligus menginfokan kepada pelanggan tentang kedatangan produk baru, agenda atau event mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang di sediakan.

Website juga bisa meningkatkan pelayanan pada pelanggan, misalkan dengan memberikan tips khusus bagi mereka. Contohnya jika kamu menjual produk ramah lingkungan dan ingin berbagi tips tentang cara mendaur ulang.

Dengan menambahkan halaman tanya jawab, menulis artikel dan blog, atau memberikan info newsletter untuk menjawab semua pertanyaan, dapat membuat mereka selalu up-to-date.

7. Menjangkau Target Pasar yang lebih luas

Dalam menjual produk berupa barang maupun jasa, website akan selalu menjadi tempat alternatif yang menarik untuk mempromosikannya.

Sebagai penjual eceran suatu produk, sebuah situs web e-Commerce atau toko online adalah tempat yang bagus. Untuk mempromosikan produk anda ke pasar yang lebih luas, karena produk kamu bisa diakses dan dilihat secara global.

Karena website dapat dengan mudah diakses dari manapun dan kapanpun, hal ini membuat kamu sebagai pelaku bisnis diuntungkan. Bisnis yang anda jalankan tidak hanya dapat dilihat oleh pengguna internet di Indonesia saja, namun juga di seluruh dunia, hanya dengan melihat profil perusahaan melalui website yang kamu miliki, tentu saja dengan menggunakan konten berbahasa Inggris, sehingga secara internasional bisa dipahami.

8. Menjadi sarana katalog produk

Website bisa diakses oleh kamu sendiri sebagai pelaku usaha, dan oleh pelanggan potensial, selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun.

Mereka bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa kamu ketika toko atau kantor offline ditutup.

Dengan gaya hidup yang selalu sibuk di masa kini, ini adalah selling point yang besar ketika membuat keputusan sebelum membeli.

Memberikan info produk kepada customer pun pasti membutuhkan waktu, baik itu lewat telepon, bertatap muka, melalui brosur, ataupun dalam email.

Namun hanya dengan katalog online, kamu dapat memberikan banyak informasi tentang produk dan jasa kamu. Website bisa diakses oleh para pelanggan kamu tanpa batas, dan sangat menghemat waktu.

Apapun jenis usaha yang kamu jalankan, sebuah situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan katalog produk kamu.

Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto produk, serta testimoni tentang usaha kamu, kamu dapat menunjukkan kepada pelanggan mengenai hal yang membuat produk ataupun usaha kamu unik dibandingkan yang lain.

9. Memudahkan dalam mencari dan bertemu dengan mitra usaha

Suatu usaha butuh partner untuk bekerja sama. Biasanya, informasi kemitraan atau kerjasama ini bisa dicari melalui internet.

Dengan mempublikasikan perusahaan anda lewat website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi bisnis kamu.

Dari sana, mungkin saja anda bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan. Dengan demikian, calon mitra dapat datang dengan sendirinya tanpa repot-repot mencari. Kamu pun akan lebih berpeluang untuk ditemukan oleh bisnis lain yang akan tertarik untuk mengajakmu bekerjasama.

10. Memudahkan dalam mendapatkan Feedback

Jika kamu ingin usahamu maju, tentunya feedback atau masukan dari konsumen menjadi suatu hal yang penting.

Percuma membuat produk yang bagus jika tidak ada konsumen yang berminat. Dengan demikian, banyak pebisnis berlomba-lomba mengumpulkan feedback dari konsumen untuk memperbaiki produk/jasanya.

Nah, website bisa kamu gunakan sebagai sarana untuk meminta feedback dari konsumen di mana saja dengan mudah. Misalnya dengan meminta pendapat mereka setiap memasuki website kamu.

kamu juga bisa melakukan polling dengan membuat form isian yang kamu buat dalam websitemu.


Nah itu dia penjelasan detail tentang website untuk mengembangkan bisnis Anda. Oleh karena itu, Monomer Group Digital hadir menjadi solusi dan menjawab kebutuhan Anda dalam melakukan pengembangan tersebut.

Anda bisa dapat info atau service yang lainnya dari kami di website Monomer group digital, digital marketing agency professional dan pengalaman yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Untuk pertanyaan secara langsung tentang website untuk bisnis juga bisa Anda sampaikan melalui Sales Consultant kami di sini. Yuk segera kembangkan website Anda untuk bisa mendapatkan keuntungan dan bisnis secepatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *