Share Hosting? Apa Kelebihan, Kekurangan Share Hosting?

share hosting

Share hosting adalah jenis paket hosting yang membagi satu server untuk beberapa user berbeda, sesuai dengan kebutuhan server. hosting jenis ini paling murah dan paling populer. Paket ini cocok untuk blog dan website sederhana, terutama untuk Anda baru mulai membuat website.

Shared hosting adalah sebuah layanan/paket hosting yang cukup populer di kalangan pengguna.

Pengertian shared hosting adalah sebuah jenis web hosting yang servernya di gunakan secara bersama dengan pengguna website lain.
Yup, shared hosting adalah jenis hosting yang menawarkan penggunaan resource secara bersama-sama, mulai dari storage, bandwidth, database, serta daya komputasi.

Shared hosting adalah jenis hosting yang pengelolaan dan konfigurasi servernya di lakukan oleh penyedia layanan. Nah, itulah mengapa layanan jenis hosting ini cocok untuk pengguna awam.

Biasanya, shared hosting di gunakan untuk membuat website dengan kapasitas minim. Jadi bagi para pemilik usaha yang masih pemula, tentu akan di untungkan dengan adanya layanan shared hosting ini.
Meskipun berbagi dengan user lain, di sini, para pengguna shared hosting hanya bertanggung jawab untuk mengolah dan mengoperasikan laman website mereka secara mandiri. Karna itu layanan penyedia hosting berkewajiban untuk memelihara sekaligus menjaga stabilitas serta keamanan server.
Sampai di sini, dapat di simpulkan bahwa shared hosting adalah layanan menarik dan bisa jadi pilihan yang sangat tepat, karena harganya relatif lebih terjangkau apabila di bandingkan dengan jenis hosting lainnya.

Kelebihan Share Hosting:

  1. Harga ekonomis.
  2. Server hosting sepenuhnya di kelola dan di rawat (full managed) oleh penyedia hosting.
  3. Cocok untuk pemula.
  4. Proses maintenance mudah
  5. Fasilitas lengkap, mulai dari disk space, unlimited bandwidth, database, hingga SSL.
  6. Terdapat akses ke Control Panel

Kekurangan Share Hosting:

  1. Jika ada user yang menggunakan fasilitas secara berlebihan, website user lain dapat ikut merasakan dampaknya.
  2. Adanya limit penyimpanan file dan fasilitas hosting web.
  3. Kemanan server kurang terjamin, Pemakaian server yang di lakukan secara bersama-sama menyebabkan keamanan dan stabilitas akan suatu akun website kurang terjamin
  4. Kontrol Server terbatas, Shared Hosting mengizinkan dua pengguna sekaligus (penyedia layanan dan pengelola) untuk dapat mengoperasikan satu server secara bersamaan. Hal tersebut menyebabkan akses untuk mengontrol langsung ke server menjadi sedikit terbatas
  5. Tidak Fleksibel, Ketika traffic website yang di kelola sudah tinggi, kamu memerlukan pemakaian server yang lebih besar. Shared Hosting tidak terdapat pilihan upgrade CPU ataupun RAM, hanya tersedia upgrade storage dan fitur tambahan.

Cara Kerja Shared Hosting

Sampai di sini, mungkin kalian bertanya-tanya, bagaimana sih cara kerja shared hosting itu ?
Di analogikan layanan shared hosting ini dengan kantor.

Sebut saja, kantor itu adalah server yang menyimpan data website. Maka, di kantor tersebut karyawan bisa menggunakan fasilitas yang di sediakan oleh kantor seperti lift, parkir, toilet, wifi, dapur dan lain sebagainya.

Namun pastinya, fasilitas tersebut sifatnya berbagi pakai dengan karyawan lainnya. Nah ketika ada yang menggunakan suatu fasilitas secara berlebihan, maka akan memengaruhi karyawan lainnya. Itulah yang kemudian di atur oleh pengelola kantor/hrd.

Pada shared hosting, fasilitasnya berupa disk space, bandwidth dan lainnya. Nah, ketika satu user memakai sumber daya yang terlalu banyak, beberapa pengguna lain akan terkena imbasnya.

Cara kerja shared hosting yang berbagi pakai resource inilah yang membuat harganya lebih ekonomis sehingga termasuk layanan hosting untuk pemula. Di sisi lain, jadi kurang cocok untuk kebutuhan website dengan trafik yang tinggi. Kami monomer group digital menyediakan semua kebutuhan ada untuk membuat webiste, kalian belum paham mengenai share hosting dan ingin konsultasi lebih lanjut? atau kalian ingin langsung membuat websitenya? yuk bisa klik di sini untuk konsultasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *