Apa itu Cloud Hosting? Fungsi dan cara Kerjanya?

Cloud Hosting

Cloud hosting terdiri dari gabungan dua kata yaitu ‘cloud’ atau yang sering di sebut dengan internet dan ‘storage’ adalah layanan yang menyimpan berbagai jenis data pada website. Data yang di maksud dapat berupa file teks, gambar, database, dokumen, video.
Jadi secara umum, cloud hosting adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data virtual menggunakan beberapa server yang terhubung satu sama lain untuk menjaga uptime (jam kerja server) dan kinerja situs.
Teknologi cloud hosting sendiri merupakan upgrade dari layanan web hosting konvensional yang masih membutuhkan hardware sebagai pusat penyimpanan data.
Tujuan menggunakan layanan cloud hosting tidak lebih dari upaya untuk mencegah website tetap berfungsi meskipun salah satu server down atau crash.
Selain itu, cloud hosting memiliki kapasitas lebih untuk menampung lebih banyak trafik, sehingga sangat cocok di gunakan oleh para pengembang website profesional seperti toko online, portofolio bisnis, hingga website instansi pemerintah.
Proses pengelolaan cloud hosting juga tidak terlalu sulit karena dapat di konfigurasi menggunakan cPanel seperti shared hosting standar, namun performanya jauh lebih unggul dari shared hosting bahkan mendekati shared hosting sebagai virtual private server (VPS).

Fungsi cloud hosting

  1. Menampung Banyak Pengunjung

Anda tidak perlu khawatir mendapatkan trafik yang berlebihan yang dapat membuat website down dan kehilangan pengunjung. Teknologi cluster memungkinkan website untuk menampung lonjakan pengunjung. Website Anda bisa di akses ribuan bahkan jutaan orang secara bersamaan. Ketika ada salah satu server yang overload maka beban akan di bagi dengan server lain. Metode pembagian ini di kenal dengan sistem back-up resource. Dengan ini, Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan website Anda dan mendapat pengunjung lebih banyak lagi.

  1. Menjaga Performa Website agar Tetap Cepat, Aman, dan Stabil

Layanan c loud hosting mempunyai berbagai macam fitur unggulan. Mulai dari fitur optimasi kecepatan hingga keamanan. Ketika kebanyakan layanan hosting mengalami masalah keamanan seperti penyadapan jaringan, invansi ilegal, dan penyalahgunaan data, layanan cloud hosting menawarkan keamanan dan kerahasiaan data, kontrol akses data, dan juga integritas data.

  1. Mudah untuk Dikelola (Fully Managed)

Proses manajemen c loud hosting sama seperti shared hosting, yaitu menggunakan kontrol panel. Anda tidak perlu khawatir kesulitan melakukan berbagai macam pengaturan. Karena semua pengaturan dengan mudah Anda lakukan menggunakan panel yang ada.
Bahkan, terkadang ada penyedia layanan cloud hosting yang menyediakan layanan Full Managed. Artinya, segala konfigurasi dan pengelolaan server akan di tangani langsung oleh penyedia layanan tersebut. Anda tak perlu repot-repot melakukan instalasi dan konfigurasi website.

Baca juga artikel sebelumnya VPS Hosting

  1. Mengontrol Performa Website

Fungsi pertama c loud hosting adalah dapat mengontrol atau menjaga performa websitemu dengan baik. Terdapat beberapa fitur di dalamnya yang akan memberikan keuntungan untuk user. Misalnya fitur optimasi kecepatan yang nantinya dapat mempercepat buka tutup website dan transfer data. Selain kecepatan, keamanannya juga terbilang sangat baik. Layanan satu ini akan memberikan perlindungan dari pencurian data, membatasi kontrol akses, kerahasiaan data, dan lainnya.

  1. Kapasitas Penampungan Besar

Keuntungan cloud hosting selanjutnya adalah memiliki kapasitas penampungan pengunjung website (trafik) yang besar. Pastinya kamu yang memiliki website khawatir dengan jumlah trafik sangat tinggi sehingga menyebabkan error. Namun jika kamu menggunakan layanan ini, tak perlu pusing dengan hal tersebut.
Hosting satu ini dapat menampung pengunjung atau trafik website dengan jumlah ribuan hingga ratusan ribu dalam waktu bersamaan. Meskipun pengunjung yang jumlahnya sangat banyak seperti itu tidak akan membuat website error.
Ketika server satu sudah maksimal, maka akan membagi ke server lain untuk mengurangi beban.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Hosting?

C loud hosting bekerja dalam metode “cluster” di mana beberapa server terpisah di gabungkan untuk bekerja di server virtual terpusat (cloud) untuk meng-host situs web. Dengan demikian, kinerja website akan lebih cepat karena di dukung oleh banyak server dalam waktu yang bersamaan. Jika salah satu server cloud gagal, yang lain akan segera menggantikannya sebagai cadangan untuk mengisi kembali sumber daya yang di perlukan.

Dengan cara ini, cloud hosting dapat memungkinkan situs web untuk terus berfungsi dengan baik bahkan jika salah satu server mati. Selain itu, cloud juga dapat mencegah kegagalan server situs web karena kelebihan beban. Beban setiap server akan di bagi rata sehingga tidak ada server yang kelebihan beban. Sumber daya yang tersedia di layanan cloud hosting juga tidak terpengaruh oleh pengguna lain. Setiap pengguna tidak perlu berbagi sumber daya server mereka.

Jadi, dengan menggunakan layanan cloud hosting, situs web akan lebih fleksibel, sangat tersedia, dan mudah di skalakan. Tak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa cloud hosting merupakan kombinasi kualitas terbaik dari shared hosting dan VPS hosting. Kami monomer group digital menyediakan semua kebutuhan ada untuk membuat webiste, kalian belum paham mengenai Vps Hosting dan ingin konsultasi lebih lanjut? atau kalian ingin langsung membuat websitenya? yuk bisa klik di sini untuk konsultasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *